home facebook twitter myspace flickr yahoo youtube ym

Ponsel Bisa mencegah Wabah Penyakit???? Benarkah ????

Penetrasi ponsel yang demikian tinggi di planet bumi bisa jadi perangkat vital untuk memprediksi penyebaran wabah penyakit mematikan, misalnya flu berbahaya.

Hal ini dilakukan dengan menganalisis pola pergerakan manusia berdasarkan pemakaian ponsel. Itulah hasil studi profesor Albert-László Barabási, Marta González, dan César Hidalgo di Northeastern University, Amerika Serikat.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Nature ini, pola pergerakan 100.000 orang dilacak melalui sinyal yang dipancarkan dari ponsel mereka.

Terungkap bahwa kebanyakan orang cenderung memiliki kebiasaan rutin menuju lokasi yang sama. Bahkan kemungkinan pola mobilitas ini bisa dihitung dalam probabilitas matematika tunggal.

"Manusia punya pola perjalanan yang sederhana. Kurang dari tiga persen yang bergerak dalam jarak 170 kilometer secara rutin," tutur Cesar Hidalgo.

Pola pergerakan berdasarkan sinyal ponsel ini bisa dipakai untuk menyediakan data mobilisasi manusia dalam mencegah penyebaran wabah penyakit. Menurut Hidalgo, sampai saat ini data semacam itu hanya berdasarkan simulasi komputer yang kurang efektif. (sumber: AFP - detik)

0 komentar:

Posting Komentar

komentar anda sangat berarti

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites